Thursday, May 9, 2013

BPM Menyongsong Masa Depan

Posted by BPM KMFP UNPAD On 1:04 AM No comments


Banyak orang yang berpendapat bahwa berorganiasi itu adalah suatu kegiatan yang hanya membuang-buang waktu khususnya para kaum mahasiswa dan orang tua. Mereka yang berpendapat seperti ini merasa bahwa dengan kita berorganisasi maka waktu masa muda kita tidak bisa kita nikmati misalnya bermain, berlatih menjadi seorang wirausaha, belajar serta yang lainnya. Orang tua juga banyak berpendapat bahwa dengan mengikuti organisasi akan mengganggu jam belajar anaknya dan menambah biaya pengeluaran.
            Pemikiran yang seperti ini bisa dinyatakan pemikiran yang primitif, dimana kita tidak menyadari bahwa dengan berorganisasi maka bisa memanage diri dan waktu kita. Banyak pelajaran yang bermanfaat yang kita dapatkan dalam berorganisasi khususnya dalam persiapan menyongsong masa depan di dunia kerja.
            Salah satu organisasi mahasiswa menurut saya yang sangat berpengaruh terhadap tujuan dari berorganisasi yaitu BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa). Kalau dalam tingkatan pemerintahan Indonesia BPM ini seperti DPR yang berperan penting dalam menaungi atau mewakilkan berpuluh-puluh bahkan sampai berratus-ratus mahasiswa secara langsung. Tugas ini memang sangat berat, tetapi dalam tugas organisasi seperrti inilah kita dituntut bagaimana cara kita bukan hanya memanage diri dan waktu kita, tetapi juga bagaimana kita bisa menjadi perwakilan dari banyaknya mahasiswa.
            Dengan peran sebagai wakil dari banyak mahasiswa, kita juga dituntut berpikir secara dinamis dan sinergis antara kuliah dan organisasi. Kerjasama yang tinggi dan energik juga dituntut dalam BPM sehingga kita bisa tetap solid dalam mengemban tanggung jawab baik perkuliahan maupun organisasi. Jiwa kepemimpinan dalam diri kita akan semakin dibangun bagaimana cara kita menjangkau begitu banyak mahasiswa yang berbeda-beda baik dari segala sifat, asal, budaya dan yang lainnya.
            Dengan tuntutan yang begitu banyak dalam BPM, saya merasa bahwa organisasi ini mampu membantu dalam menyongsong masa depan baik dalam dunia kerja maupun kehidupan sosial bermasyarakat. Di BPM kita akan mendapatkan gambaran bagaimana caranya kita bisa berjiwa besar,  tetap energik walaupun banyak tantangan yang dihadapi, bersosialisasi terhadap orang-orang yang sebelumnya tidak kita kenal, dan bagaimana caranya membangun serta menjaga hubungan yang sinergis dengan orang lain.
Ilmu pengetahuan itu bukan hanya didapatkan dalam perkuliahan saja, tetapi dengan berorganisasi kita juga akan mendapatkan banyak pengetahuan yang mungkin tidak didapatkan dalam kelas perkuliahan. Hal inilah yang sangat mendukung betapa besarnya manfaat yang akan kita dapatkan dalam berorganisasi. Tingkatkan kualitas organisasi dan tetap tingkatkan juga pendidikanmu. Mahasiswa...!!! Jaya...!!!

© ditulis oleh Anggota Komisi I Arion Euodia Saragih

 

0 comments:

Post a Comment

Site search

    About

    BPM KERAMAT KMFP 2013 (Kerja Keras, Reaktif, Aktual, Mandiri, Amanat) Sampaikan aspirasimu untuk KMFP UNPAD yang lebih baik! Salam Keramat! Viva Legislativa!